Blogger Widgets

Internet Untuk Pemula

Sebenarnya tak ada standar khusus kapan anda menguasai ilmu internet, tidak ada cara khusus belajar internet, kenapa bisa  begitu? karena internet sangat tergantung dengan kebutuhan anda. internet hanyalah sebuah alat untuk mencari informasi. jadi tidak ada ilmu khusus untuk mempelajarinya. tetapi ada beberapa hal yang mesti anda ketahui untuk menggunakan internet, cara penggunaan internet untuk anak-anak akan sama dengan orang dewasa menggunakan internet.

Beberapa hal yang menjadi dasar yang mesti anda ketahui ketika menggunakan internet adalah apa tujuan anda. dan fasilitas apa yang anda akan gunakan untuk mencapai tujuan tersebut, serta bagaimana anda menggunakan fasilitas internet tersebut untuk mecapai tujuan anda.dan yang membedakan pengguna internet yang satu dengan yang lainnya adalah cara menggunakan fasilitas internet tersebut. untuk lebih lengkapnya baca bagaimana cara kerja internet

Gambar 1. Faslitas Internet Konsep Masa Depan

Jadi kesimpulannya adalah untuk menguasi internet anda hanya perlu mengetahui fasilitas yang ada di siapkan di internet.

  • WEB BROWSER
Pertama adalah web browser, ini adalah program aplikasi yang disediakan oleh beberapa perusahaan dan bersifat gratis, web browser digunakan untuk membuka akses ke internet, apakah ada fasilitas lain selain web browser, jawabannya ada banyak tergantung tujuan Anda bahkan command promt (cmd) pun bisa digunakan tetepi tidak semudah dan selengkap web browser.. Saat ini web browser yang ada seperti google chrome, mozilla, internet explorer dan lain-lain, semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing.

  • DOMAIN
Selanjutnya adalah domain, kenapa ini menjadi penting untuk diketahui, karena tanpa mengetahui domain (alamat website) Anda tidak akan kemana-kemana, walaupun saat ini secara default web browser sudah menentukan domain search engine tertentu, tetapi ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis domain penting dan terkait dengan kebutuhan Anda karena ketika mengandalkan search engine Anda akan menemukan artikel yang sama setiap saatnya, beda ketika Anda mengetahui alamat website tujuan Anda, misal google.com, beberapa domain penting lainnya selain search engine adalah wikipedia.org untuk tambahan referensi, untuk berita ter-update detik.com atau kompas.com, untuk situs forum terbesar di Indonesia yaitu  kaskus.co.id, dll. 

  • SEARCH ENGINE
Search engine adalah salah satu fasilitas internet yang menawarkan fasilitas untuk mencari informasi, tetapi tidak semua informasi bisa ditemukan disini tetapi search engine bisa di andalkan untuk mencari artikel dengan cepat namun belum tentu terpercaya. Inilah salah satu kelemahan search engine yaitu tidak mampu menyaring artikel berdesarkan ketepatan tujuan Anda hanya pada persamaan kata dengan keyword yang Anda masukkan, jadi dewasalah menggunakan search engine yang ada.

  • SOSIAL MEDIA
Sosial media saat ini mejadi bagian utama dari internet, fasilitas internet ini digunakan untuk berinterkasi dengan pengguna internet lainnya. ada banyak sosial media saat ini seperti facebook, twitter, google plus dan sebagainya, dengan fasilitas sosial media Anda akan mudah mencari teman bahkan lawan di sana. hampir tak ada batas untuk berinteraksi, bisa menyapa pengguna dari berbagai segment, seperti artis, pejabat bahkan ulama.

  • FORUM ONLINE
Forum online hampir sama dengan sosial media, tetapi beda konsep. forum online terkadang lebih khusus dan lebih ketat. dan di moderasi oleh admin. jadi Anda tidak bisa berinterkasi sembarangan ketika menggunakan forum. tapi faktanya forum lebih menjanjikan untuk mencapai tujuan Anda. misalnya ketika bergabung dengan forum online khusus belajar internet Anda akan menemukan orang – orang yang sama (sehobi) dengan Anda. dan dengan mudah Anda mengajukan pertanyaan terkait tujuan Anda mencari informasi di dunia maya.

  • EMAIL DAN PESAN SINGKAT
Email adalah fasilitas purba internet yang masih bertahan sampai sekarang, berdasarkan informasi yang pernah saya baca, email adalah salah satu yang pertama ada di internet sejak pertama kali digunakan di ARPA, baca sejarah internet, pesan singkat atau chat mempunyai konsep yang sama dengan email tetapi terkesan lebih santai dan cepat, interkasi lebih mudah dan ada beberapa fasilitas chating yang terintegasi dengan video maupun suara.

Inilah 6 fasilitas internet dan paling tidak Anda bisa menggunakannya dengan baik. sekali lagi internet adalah sebuah alat untuk mecapai tujuan Anda. dari fasilitas inilah muncul berbagai dampak negatif internet maupun dampak yang positif tergantung orang yang menggunakannya.

Itu tadi penjelasan tentang Internet Untuk Pemula. Semoga bermanfaat.


Penulis : Jenura Fath ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Internet Untuk Pemula ini dipublish oleh Jenura Fath pada hari 2 Jun 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Internet Untuk Pemula
 

0 komentar:

Posting Komentar