Blogger Widgets

Pengertian dan Klasifikasi Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang saling terhubung. Informasi dan data bergerak melalui jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node

Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu, jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada di berbagai lokasi yang terdiri dari lebih dari satu komputer yang saling berhubungan.

Dalam sebuah jaringan komputer biasanya terhubung banyak komputer ke sebuah atau beberapa server. Server adalah komputer yang difungsikan sebagai pusat untuk pengiriman data dan/atau penerimaan data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data di antara komputer-komputer yang terhubung di jaringan.

  • Klasifikasi Jaringan
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima klasifikasi, yaitu:

1. Personal Area Network (PAN)
Jenis jaringan komputer PAN adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Perangkat keras bisa saling interaksi satu sama lain dan dapat berbagi data maupun berkomunikasi. Seperti ditunjukkan pada gambar 1.

Gambar 1. PAN (Personal Area Network)

Biasanya jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan hp dengan komputer.

2. Local Area Network (LAN)

 Gambar 2. LAN (Local Area Network)

Jaringan ini merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

3. Metropolitan Area Network (MAN)

Gambar 3. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

4. Wide Area Network (WAN)

Gambar 4. WAN (Wide Area Network)

Jaringan ini jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

5. Interplanet Network (IPN)
IPN merupakan jaringan komunikasi antar- planet, satelit, asteroid, pesawat ruang angkasa robot, pesawat ruang angkasa berawak. Jaringan ini berupa backbone yang menghubungkan komunitas dan infrastruktur di entitas tersebut.


Itu tadi Pengertian dan Klasifikasi Jaringan Komputer. Semoga bermanfaat.

Penulis : Jenura Fath ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian dan Klasifikasi Jaringan Komputer ini dipublish oleh Jenura Fath pada hari 1 Jun 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Pengertian dan Klasifikasi Jaringan Komputer
 

1 komentar: