Blogger Widgets

Pengertian Class Pada Memory Card (Micro SD)

Memory Card adalah alat yang berfungsi untuk menyimpan data digital seperti audio, gambar dan video pada gadget, Salah satunya adalah kamera digital dan Smartphone. Sementara itu ukuran kartu memori ini bervariasi mulai dari MB sampai hitungan GB, jenis Memory Card yang ada saat ini adalah Memory Stick, Multimedia Card (MMC), Secure Digital Card (SD Card), Compact Flash Card (CF Card), dan Smart Media Card.

Peringkat Speed Class yang biasa di kenal dengan Speed Class adalah standar kecepatan yang ada pada SD Card. Untuk saat ini ada kelas kecepatan micro SD dibagi dua segmen, yaitu Ultra High Speed yang biasa disingkat UHS dan Speed Class. Sementara itu yang paling banyak di produksi adalah segmen Speed Class yang harganya terjangkau, sedangkan untuk segmen UHS masih berharga relatif mahal dan juga jumlahnya produsen belum terlalu banyak.

Gambar 1. Ukuran Memory Card

Perlu diketahui kecepatan ini juga akan dipengaruhi oleh media perantara antara SD card dengan perangkat digital yang kamu gunakan. Misalnya kamu ingin men-transfer file dari laptop ke micro SD class 6 dari smartphone ataupun sebaliknya menggunakan kabel data, kualitas dari kabel data yang digunakan juga sangat berpengaruh dengan kecepatan transfer. Intinya walaupun  SD card kamu memiliki kecepatan tinggi, tapi kalau kabel data yang kamu digunakan kualitasnya rendah, otomatis kecepatan transfer bisa saja turun drastis misalkan turun sampai dibawah 4 MB/s. Angka class pada memory card ini juga berpengaruh pada saat kita mengoperasikan perangkat gadget, misalnya jika kamu menggunakan micro SD pada smartphone dan ketika melakukan pengambilan foto/ merekam video maupun pada saat bermain game juga berpengaruh

Gambar 2. Peringakat Class pada Micro SD

Class pada micro SD juga dihitung dari kecepatan micro SD menulis (write) dan membaca (read) sebuah file/data. Jadi Setiap Class MicroSD berbeda dalam kecepatan read/write semakin tinggi Class micro SD maka semakin cepat membaca atau menulisnya.

Itu tadi penjelasan tentang Pengertian Class Pada Memory Card. Semoga bermanfaat.

Penulis : Jenura Fath ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian Class Pada Memory Card (Micro SD) ini dipublish oleh Jenura Fath pada hari 15 Nov 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengertian Class Pada Memory Card (Micro SD)
 

0 komentar:

Posting Komentar