Blogger Widgets

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Perangkat keras jaringan komputer merupakan peralatan yang digunakan untuk keperluan jaringan komputer. Peralatan tersebut mempunyai fungsi dan tugas yang berbeda-beda.

Adapun tujuan utamanya dalam membuat sebuah jaringan komputer adalah untuk dapat berbagi data, informasi serta berbagi resource seperti pemakaian harddisk dan printer secara bersama-sama.

Namun dibalik pemakaian jaringan komputer tersebut tentu anda bertanya bagaima komputer tersebut dapat saling terhubung dan apa saja yang menghubungkannya satu sama lain sehingga dapat melakukan komunikasi.

Nah untuk itu pada tulisan ini akan mengulas berbagai perangkat keras jaringan komputer yang digunakan dalam keperluan jaringan komputer.

  • Berikut dijelaskan secara singkat berbagai perangkat keras jaringan komputer:

1. Kartu Jaringan (Network Interface Card)
Kartu jaringan atau biasa dikenal dengan NIC (Network Interface Card) berfungsi untuk menjembatani antara satu komputer ke sebuah jaringan komputer. Kartu jaringan atau NIC tersebut dapat anda dilihat di slot motherboad komputer yang tertancap onboard pada papan motherboard.

Gambar 1. NIC (Network Interface Card)

Jenis kartu jaringan yang biasa ditemui mempunyai dua jenis yaitu NIC yang bersifat fisik, dan yang satu lagi adalah NIC yang bersifat logis. NIC yang bersifat fisik adalah seperti ethernet dan tokenring, sedangkan NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter.

Pada setiap NIC akan memiliki nomor alamat yang disebut sebagai MAC address yang dapat bersifat statis ataupun dinamis.

Pada kartu jaringan tersebut terdapat sebuah port untuk kabel jaringan, disinilah tempat RJ45 dari kabel utp dicolokkan agar bisa terhubung ke sebuah jaringan komputer. NIC yang sedang bekerja akan dapat terlihat dari lampu indikator yang menyala di kartu jaringan tersebut.

2. Kabel Jaringan

Gambar 2Kabel Jaringan

Kabel jaringan digunakan sebagai media penghubung antara suatu device ke device lainnya. Seiring dengan perkembangan teknologi transmisi jaringan, untuk menghubungkan komputer tidak hanya lagi menggunakan kabel saja, teknologi wireless yang menggunakan gelombang radio telah hadir untuk dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.

Terdapat 3 jenis kabel jaringan yang biasa dugunakan:

A. Twisted Pair
Kabel Twisted Pair yang satu ini terdiri dari beberapa kabel yang saling melilit. Terdapat dua jenis kabel yang termasuk dalam tipe kabel ini yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dengan lapisan alumunium foil dan Unshielded Twisted Pair (UTP).

Gambar 3Kabel Twisted Pair

Kedua jenis kabel twisted pair ini pada dasarnya sama, bedanya hanya kabel UTP rentan terhadap medan magnet atau voltase yang tinggi sedangkan kabel STP tidak.

B. Coaxial
Gambar 4Kabel Coaxial

Tampilan fisik kabel coaxial terdiri dari kawat tembaga sebagai inti yang dilapisi oleh isolator dalam lalu dikelilingi oleh konduktor luar, kemudian dibungkus dengan bahan semacam PVC sebagai lapisan isolator paling luar. Untuk penggunaan kabel coaxial ini sudah jarang digunakan karena pada umumnya orang membangun jaringan komputer dengan kabel twisted pair.

C. Fiber Optic
Gambar 5Kabel Fiber Optic

Fiber optic adalah sebuah kabel yang terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kabel biasa, biasanya fiber optic digunakan pada jaringan backbone (Tulang Punggung) karena dibutuhakan kecepatan yang lebih dalam dari jaringan ini.

Namun pada saat ini sudah banyak yang menggunakan fiber optic untuk jaringan biasa baik LAN, WAN maupun MAN karena dapat memberikan dampak yang lebih pada kecepatan dan bandwith karena fiber optic ini menggunakan bias cahaya untuk mentransfer data yang melewatinya dan sudah barang tentu kecepatan cahaya tidak diragukan lagi namun untuk membangun jaringan dengan fiber optic dibutuhkan biaya yang cukup mahal dikarenakan dibutuhkan alat khusus dalam pembangunannya.

3. Konektor RJ45 
Gambar 6. Konektor RJ45

Konektor RJ45 digunakan untuk menghubungkan kabel dengan colokan NIC (Network Interface Card) yang ada pada komputer. Jenis konektor ini disesuaikan dengan tipe kabel yang digunakan misalnya Konektor RJ-45 berpasangan dengan kabel UTP/STP, konektor BNC/T berpasangan dengan kabel coaxial dan konektor ST berpasangan dengan kabel fiber optic.

4. Hub
Hub merupakan perangkat keras jaringan komputer yang memiliki colokan atau biasa dikenal dengan port, jumlah port yang dimilikinya ada berbagai jenis mulai dari 4 port, 8 port,16 port, 24 port, sampai 32 port. Pada umunya hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lainnya. Berikut sebuah gambar dari hub.

Gambar 7Hub

Hub ini juga bertugas untuk menerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung ke device lainnya.

5. Switch
Gambar 8Switch

Switch pada prinsipnya sama dengan hub bedanya hanya switch lebih pintar daripada hub karena mampu menganalisa paket data yang dilewatkan padanya sebelum dikirim ke tujuan. Selain itu switch juga memiliki kecepatan transfer data dari server ke workstation atau sebaliknya.

Perangkat switch mempunyai beberapa port yang berfungsi sebagai station yang biasanya dalam jaringan digunkan untuk menghubungkan port-port yang berasal dari hub ke router.

6. Router
Router digunakan sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan. Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau menfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan aturan atau protokol tertentu.
Gambar 9Router

Sama seperti hub atau switch, router juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan seperti jaringan model LAN, MAN, bahkan WAN.

7. Repeater
Gambar 10Repeater

Repeater merupakan perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal yang  melewatinya. Dengan adanya tambahan perangkat keras repeater maka jarak antar workstation dapat semakin jauh tanpa takut akan hilangnya sinyal.

8. Bridge
Gambar 11Bridge

Bridge merupakan perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah, baik jaringan yang sama maupun berbeda. Bridge memetakan alamat jaringan dan hanya memperbolehkan lalu lintas data yang diperlukan.

9. Gateway
Gateway merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.
Gambar 12. Gateway

Istilah gateway tersebut merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.

10. Modem
Modem atau disebut dengan modulator dan demodulator. Modulator berfungsi untuk melakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi. Pada proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog.
Gambar 13. Modem

Sedangkan Demodulator berfungsi sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.

Jadi kesimpulannya fungsi modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan atau data ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet.

Itu tadi penjelasan tentang Perangkat Keras Jaringan Komputer, semoga bermanfaat.


Penulis : Jeff Free ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Perangkat Keras Jaringan Komputer ini dipublish oleh Jeff Free pada hari 19 Okt 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Perangkat Keras Jaringan Komputer
 
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar