Blogger Widgets

Tips Merawat Laptop/Notebook

Hal yang sulit untuk dilakukan setelah membeli sebuah barang bekas maupun baru adalah merawatnya padahal setiap barang perlu perawatan yang intensif agar barang tersebut tetap awet dan bisa tahan lama. Banyak sekali barang di sekitar kita yang perlu diperhatikan dari segi kebersihan hingga penanganan yang tepat, misalnya seperti barang elektronik. Barang-barang elektronik termasuk barang yang tidak murah, maka dari itu perlu adanya perawatan yang baik dan benar, agar barang tetap awet dan bisa tahan lama. Bagi Anda pecinta gadget, misalnya seperti perangkat smartphone, tentu Anda perlu mengetahui beberapa cara merawat barang tersebut. Salah satu barang elektronik yang mungkin setiap hari Anda gunakan untuk bekerja atau membuat tugas, yaitu laptop/notebook.

Sama halnya dengan manusia, laptop juga butuh perawatan yang tepat. Meski perawatan laptop terbilang tidak susah, namun jangan juga dianggap sepele karena hal tersebut sangat penting agar laptop memiliki umur panjang yang awet dan tahan lama, bahkan jauh dari kata rusak. Jika Anda memakai laptop setiap hari, laptop tentu akan panas dan semakin cepat rusak jika tidak ditanggani secara tepat. Ketika laptop Anda rusak mungkin Anda harus pergi ke tempat service laptop dan biayanya cukup mahal. Untuk mengatasi masalah laptop 'ngadat' maka dari itu sebaiknya mulai saat ini Anda perlu memperhatikan dan merawat laptop dengan baik dan benar/

Selain merawat dari bagian luar, bagian dalam juga perlu Anda perhatikan, seperti beberapa software yang terdapat di dalam laptop hingga bateraipun memerlukan perawatan yang tepat. Untuk Anda yang tidak mengetahui Tips Merawat Laptop, Anda tidak perlu bingung sebab di bawah ini memberikan informasi Tips Merawat Laptop dan Cara Merawat Baterai Laptop agar tetap awet dan tahan lama, seperti berikut:

  • - Hindarkan laptop dari sinar matahari secara langsung. Laptop merupakan barang yang sangat sensitif dan mudah rusak jika terkena sinar matahari secara langsung. Maka dari itu lindungi laptop Anda dari paparan sinar matahari.
  • - Jangan letakan laptop di lantai saat tidak dipakai, sebab resiko laptop terinjak sangat besar dan bisa terkena debu, apalagi jika lantai jarang disapu dan dibersihkan.
  • - Jangan letakkan laptop di tempat yang permukaannya terlalu empuk (misal bantal,kasur,dll). Hal tersebut sangat berbahaya karena sirkulasi udara pada laptop akan terganggu dan menyebabkan laptop akan lebih cepat panas serta dapat merusak bagian prosessor.

  • - Gunakan pendingin laptop (cooler) yang biasa dipasang dibawah laptop
  • - Jangan letakan benda apapun diantara keyboard dan layar laptop lalu menutupnya. Resiko layar laptop tergores cukup besar jika Anda menyimpan barang apapun antara keyboard dan layar laptop, meskipun barang tersebut adalah kertas.
  • - Sebaiknya tidak meletakkan makanan dan minuman maupun benda yang mengandung cairan disekitar laptop. Hal ini sangatlah penting, sebab laptop sangat peka sekali jika terkena bahan yang berbentuk cairan apalagi jika cairan tersebut masuk ke dalam keyboard.
  • - Jangan memberikan penutup apapun termasuk sarung laptop pada saat laptop dalam keadaan menyala, sebab akan mengganggu sirkulasi udara pada laptop dan berakibat pada kerusakan prosessor.
  • - Hindari getaran dan jauhkan laptop dari alat pengeras suara, seperti loudspeaker, mesin/kendaraan berat dan sumber getaran lainnya. Karena pada waktu laptop menyala bagian yang berputar yaitu  platter harddisk bisa terganggu.
  • - Hindari laptop dari sinar x-ray di airport.
  • - Gunakan tas laptop yang aman. Jika Anda membeli tas laptop di toko sebaiknya perhatikan keamanan dari goncangan dan menggunakan gabus pengaman yang cukup baik.
  • - Gunakan stabilizer/ups sebagai pengaman terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan kondisi listrik yang tidak stabil. Meski menggunakan stabilizer yang standar namun bisa meminimalisir kerusakan hardware pada laptop.
  • - Jauhkan laptop dari benda yang mengandung medan magnetik kuat, karena laptop sangat peka terhadap barang yang mengandung daya magnet yang kuat dan dapat merusak kinerja dari laptop tersebut.
  • - Jangan sering membuka dan menutup layar lc laptop, kalau memang sering digunakan maka hati-hati dalam melakukannya jangan terlalu keras karena antisipasi rusaknya engsel lcd atau kabel flexibel lcd.
  • - Jangan meletakan barang diatas laptop jika sedang tidak digunakan, apalagi jika barang memiliki bobot yang cukup berat karena dapat merusak layar monitor pada laptop.
  • - Hati-hati ketika Anda membawa laptop, meski sudah menggunakan tas laptop Anda perlu berhati-hati dan sebaiknya tidak menumpuk banyak barang di dalam tas laptop ransel, serta hindari benturan yang cukup keras, apalagi jatuh.
  • - Bersihkan laptop secara berkala dan rutin, terutama pada keyboard dan layar lcd. Untuk membersihkan keyboard dianjurkan menggunakan kuas yang halus dan untuk membersihkan layar monitor dianjurkan menggunakan pembersih/kain khusus yang bisa Anda temukan di toko komputer. Atau bisa pasangkan lcd protector atau keyboard protector untuk melindungi kotoran maupun goresan.
  • - Hindari dari jangkauan anak-anak, 
  • - Hati-hati saat memasukkan CD/DVD kedalam DVD-ROM laptop, gunakan kedua tangan
  • - Dalam keadaan menyala aktifkan screensaver saat dinggal/tidak digunakan
  • - Berhati-hati men-download software dari internet. Resiko software yang Anda download bisa saja memiliki virus cukup besar yang dapat merusak laptop Anda. Maka dari itu pastikan Anda mempunyai software antivirus yang cukup handal/ter-update.
  • - Jika tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama cabutlah baterai dari laptop.

Beberapa Tips Merawat Laptop seperti diatas sangat penting untuk Anda perhatikan, agar laptop Anda awet dan tahan lama. Selain itu ada juga beberapa Cara Merawat Baterai Laptop yang sangat penting,

Dengan informasi Tips Merawat Laptop seperti diatas, kini Anda sudah paham apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat laptop agar tetap awet dan tahan lama. Jika laptop Anda rusak, jangan ambil resiko dengan membongkarnya sendiri, sebaiknya bawa laptop ke tempat service atau orang yang sudah berpengalaman. Semua tips tersebut dapat juga diterapkan pada netbook.

Itu tadi penjelasan tentang Tips Merawat Laptop/Notebook, semoga bermanfaat.


Penulis : Jeff Free ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Merawat Laptop/Notebook ini dipublish oleh Jeff Free pada hari 1 Jul 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Merawat Laptop/Notebook
 
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar