Blogger Widgets

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Komputer/laptop yang lemot atau lambat pada Windows XP, Windows 7 maupun Windows 8 saat loading maupun saat bermain game, bisa saja karena ulah virus dan ternyata dapat mudah kita atasi jika kita ketahui caranya. Sistem operasi windows memang terkadang sangat lambat jika kita tidak rutin melakukan pembersihan pada sistem, menghapus file-file sampah dan melakukan defrag secara berkala. Komputer atau laptop yang lambat bisa juga dikarenakan karena ulah virus yang memang terkadang membuat kita pusing karena virus bisa berjalan di background windows kita.

Permasalahan komputer yang lemot dan lambat memang permasalahan yang umum yang biasa kita temukan. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi komputer lemot/lambat agar performa lebih cepat:

1. Scan Virus dengan Antivirus terbaru
Penyebab utama dari lemot dan lambatnya komputer kita biasanya memang karena virus, virus bekerja secara life time dan membuat kinerja komputer menurun. Sebaiknya gunakan antivirus terupdate dan scan secara berkala, karena jika tidak sering diupdate maka ada varian baru dari virus. 

2. Defrag Hardisk
Proses defrag tidak boleh dianggap remeh karena proses defrag merupakan proses menata dan merapikan suatu objek didalam hardisk sehingga jika kita melakukan defrag maka object yang tersimpan di harddisk akan rapi dan kinerja harddisk menjadi cepat. Maka lakukanlah proses defrag secara berkala, misalnya sebulan sekali agar kinerja komputer Anda menjadi maksimal.

3. Hapus File Temporary dan File Sampah
File-file yang tidak berguna terkadang membuat harddisk kita menjadi lambat karena harddisk kita disesaki oleh file-file yang memang tidak terpakai sehingga file tersebut membuat lambat komputer kita, Untuk itu hapus atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai juga, karena akan memberatkan komputer, yang terkadang aplikasi berjalan secara background di sistem.

4. Update Driver
Dalam beberapa kasus driver yang Anda gunakan expired/kadaluarsa karena beberapa vendor driver melakukan update pada drivernya, sehingga jika Anda tidak melakukan update driver maka akan banyak sistem yang tidak berjalan dan tidak support yang mengakibatkan lambatnya komputer.

5. Cek dan Ganti Hardware
Hardware juga harus diperhatikan karena hardware yang sudah tua atau lama harus diganti dengan yang baru, contohnya power supply, power supply berjalan secara terus menerus yang terkadang kinerja nya menjadi lambat jika tidak diganti atau dibersihkan. Memory RAM juga harus diperhatikan karena memory RAM juga bagian penting hardware komputer, jika memang sudah agak lama coba ganti dengan yang baru atau lebih baik untuk di tambah, jika memang masih bagus digunakan maka bersihkan RAM tersebut agar komputer dapat kembali berjalan secara optimal.

Mungkin seperti itulah yang terkadang membuat komputer kita menjadi lemot/lambat, semoga penjelasan tentang Cara Mengatasi Komputer Lemot bisa bermanfaat.


Penulis : Jenura Fath ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Mengatasi Komputer Lemot ini dipublish oleh Jenura Fath pada hari 19 Apr 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Mengatasi Komputer Lemot
 

0 komentar:

Posting Komentar