Blogger Widgets

Pengertian VGA Pada Komputer

Buat yang suka main game di komputer atau laptop pasti butuh VGA yang bagus dengan kapasitas tinggi, karena VGA berfungsi menampilkan grafik game yang kamu mainkan agar terlihat sempurna di layar monitor. Video Graphic Accelerator (VGA) ini kadang juga disebut dengan Video Card, Display Card, Display Adapter, Video Adapter, Graphic Board, atau Graphic Adapter.





  • Pengertian VGA

VGA adalah singkatan dari Video Graphic Accelerator yang berfungsi mengolah data grafis untuk ditampilkan di layar monitor. VGA memiliki Prossesor yang disebut GPU (Graphic Processing Unit), VGA juga membutuhkan memory untuk mendukung kinerjanya. VGA bertugas menterjemahkan keluaran komputer untuk grafis menjadi tampilan di layar monitor. Untuk tugas yang berat seperti bermain game komputer atau desain grafis diperlukan VGA yang memiliki kapasitas tinggi.
Fungsi VGA

VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.
  • Jenis-jenis VGA
Untuk memasak VGA card, ada beberapa jenis bentuk slot peripheral yang ada di dalam motherboard, berikut jenis-jenis slot peripheral untuk memasang VGA card:

- VGA ISA
VGA card ISA adalah jenis VGA card yang dimasukan di slot ISA (Industry Standard Architecture) yang memiliki sistem 8-bit atau 16-bit. VGA card jenis ini sekarang sudah tidak diproduksi lagi, karena selain kecepatan rendering yang lambat, tampilan dari hasil renderingnya pun terbilang terbatas. Teknologi slot ISA 8-bit diperkenalkan pertama kali pada tahun 1981 dan slot ISA 16-bit diperkenalkan pertama kali pada tahun 1984.

- VGA EISA
VGA card EISA adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot EISA (Extended Industry Standard Architecture) yang memiliki sistem 32-bit. VGA card jenis ini sudah tidak digunakan lagi sama seperti VGA card ISA karena keterbatasan pada kecepatan, kehalusan gambar, serta kombinasi warna yang dihasilkannya. Teknologi slot EISA dikenalkan pertama kali pada tahun 1988.

- VGA PCI
VGA card PCI adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) yang memiliki sistem 32-bit atau 64-bit. Teknologi slot PCI digunakan pertama kali pada tahun 1993. VGA card PCI pada jaman sekarang sudah jarang digunakan karena keterbatasan fitur.

- VGA AGP
VGA card AGP adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot AGP (Accelerated Graphics Port) yang memiliki sistem 128-bit atau 256-bit. VGA card AGP pada awalnya dibuat untuk kemampuan rendering yang lebih cepat dari CPU ke display.

- VGA PCIE
VGA card PCIe (PCI Express) adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) yang kecepatan rendering hingga 32 GByte/s. Slot PCIe adalah perkembangan dari slot PCI sebelumnya dengan kemampuan luar biasa. Teknologi ini pertama kali dipakai pada tahun 2004, pada jaman sekarang kecepatan transfer data yang besar sangat dibutuhkan.


  • Bagian VGA
Gambar 1. Nama Komponen dari VGA Card

Kartu VGA sekarang ini sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset yang merupakan chipset terbaru dimana sudah memiliki kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accelerator yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal, demikianlah ilmu pengetahuan tentang Pengertian VGA Dan Fungsi VGA Komputer

Itu tadi penjelasan tentang Pengertian VGA Pada Komputer. Semoga bermanfaat.
___________________________________________
NB: Untuk melihat daftar harga VGA card klik disini.

(src)

Penulis : Jeff Free ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian VGA Pada Komputer ini dipublish oleh Jeff Free pada hari 9 Mar 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengertian VGA Pada Komputer
 
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar