Blogger Widgets

Alasan Restart Komputer Bisa Memperbaiki Masalah


Jika kamu pernah bertanya kepada teman kamu yang ahli dalam menggunakan komputer, cara untuk memperbaiki komputer, mungkin mereka akan berkata “Apa kamu sudah mencoba merestart komputer?” Kedengarannya sepele, tetapi merestart komputer memang dapat memperbaiki beberapa masalah yang ada. Jadi apa yang sebenarnya terjadi dengan merestart komputer dapat memperbaiki masalah yang ada?




  • Tidak Hanya Untuk Windows
Tidak hanya Windows saja yang ketika direstart akan bisa memperbaiki masalah yang ada, tetapi semua komputer device biasanya juga demikian. Kamu akan menemukan saran untuk “try resetting it” di berbagai gadget seperti router wireless, iPad, Android dan masih banyak lagi. Hal yang sama juga terjadi pada software, ketika browser Firefox menjadi lemot dengan penggunaan memory yang banyak dan kamu merestartnya makan akan kembali berjalan lancar.

  • Beberapa Masalah Memang Membutuhkan Restart
Untuk mengilustrasikan kenapa restart dapat memperbaiki banyak masalah, mari ambil contoh sebagian besar masalah pada Windows yaitu Blue Screen Of Death (BSOD). BSOD terjadi karena adanya low level error, seperti masalah hardwire driver atau kerusakan hardware. Windows tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya, sehingga membuatnya berhenti dan menampilkan BSOD, terakhir komputer kamu akan restart. Dengan restart komputer akan memperbaiki masalah BSOD yang ada.

Sekarang Windows dengan versi baru sudah mulai bisa mengatasi masalah dengan baik, sebagai contoh ketika driver graphic card kamu error atau crash, Windows XP akan hang tetapi Windows Vista dan versi Windows baru lainnya, Windows desktop akan kehilangan efek tampilan beberap saat setelah itu kembali normal. Yang terjadi sebenarnya ada Windows melakukan restart dari kegagalan driver graphic.

Pertanyaannya adalah kenapa Windows tidak memperbaiki masalah yang ada dan kenapa harus merestart driver atau komputer itu sendiri? Ini dikarenakan ia tidak mampu melakukannya. Kode akan mengalami masalah atau berhenti berjalan, sehingga tidak ada untuk melanjutkan. Dengan merestart kode dapat berjalan kembali dari bagian terkecil dan mudah-mudahan tidak mengalami masalah yang sama lagi.

  • Masalah Yang Dapat Diatasi Dengan Restart
Di lain hal beberapa masalah membutuhkan restart complete karena sistem operasi atau driver hardware tidak berjalan, tidak semua masalah memang. Beberapa masalah mungkin dapat diperbaiki tanpa restart, meskipun restart menjadi pilihan termudah.

Windows Melambat: Apakah Windows kamu menjadi lambat? Ini mungkin dikarenakan penggunaan CPU atau memori lain yang cukup besar. Seorang ahli komputer mungkin akan membuka Task Manager dan mencari aplikasi atau program yang mengambil sebagian besar memory. Disisi lain orang yang mengalami masalah yang sama, mereka akan merestart komputernya untuk memperbaiki masalah tersebut.

Firefox atau Program Lain Mengambil Banyak Memory: Firefox sering sekali mengalami masalah memory leaks disebagian besar komputer. Secara terus menerus Firefox akan mengambil memori, semakin besar dan besar, membuat komputer menjadi semakin lambat. Mengeluarkan Firefox akan membuat memori kembali bebas. Ketika Firefox dijalankan kembali, ini akan membuat Firefox berjalan dengan bersih tanpa memory leak. Mungkin tidak banyak software yang mengalami masalah seperti ini, tapi ketika komputer lemot pantaulah Task Manager.

Masalah Internet atau Wi-Fi: Jika kamu memiliki masalah dengan koneksi Wi-Fi atau Internet, mungkin software router mengalami masalah. Kamu bisa memperbaikinya dengan restart router, lepas dan masukan kembali kabel router ini akan memperbaiki masalah kamu.

  • "Soft Reset" atau "Hard Reset"
Pada era mobile ada dua istilah dalam hal restart, yaitu Soft Reset dan Hard Reset. Soft Reset memiliki artian melakukan restart device secara normal, matikan dan hidupkan lagi. Di sisi lain Hard Reset adalah mengembalikan software seperti semula dari pabrikannya.

Sebenarnya hal ini adalah hal yang sama dengan yang dialami komputer, seperti ketika komputer kamu terinfeksi malware maka kamu tidak bisa memperbaikinya dengan merestart komputer sajar, kamu harus install ulang atau menggunakan fitur Reset yang ada di Windows 8.

  • Kesimpulan
Pada akhirnya jawaban yang tepat untuk restart komputer dapat memperbaiki berbagai masalah adalah, lebih mudah dan lebih cepat memulai dari keadaan yang bersih daripada mencari dan memperbaiki masalah yang ada.

Itu tadi penjelasan tentang Alasan Restart Komputer Bisa Memperbaiki Masalah. Semoga bermanfaat.

Penulis : Jenura Fath ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Alasan Restart Komputer Bisa Memperbaiki Masalah ini dipublish oleh Jenura Fath pada hari 12 Jan 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Alasan Restart Komputer Bisa Memperbaiki Masalah
 

1 komentar:

  1. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi balik http://serviskomputermurahsurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus